Friendly Match PPMS

Kenten Laut, Ahad 17 September 2023.


Kampus 3 Pondok Pesantren Muqimus Sunnah, mendapat kunjungan dari santri-santri pondok pesantren Jami’atul Qurro’, tujuan para santri JQ sapaan akrab pondok pesantren Jamiatul Qurro’ yaitu ingin bersilaturahim dalam rangka pertandingan persahabatan dengan tangkai olahraga yaitu futsal dan tenis meja. Futsal dikhususkan untuk santri dan asatidz, sedangkan tenis meja dikhususkan untuk asatidz.


Sebelum melaksanakan pertandingan, kegiatan diawali dengan Pembukaan bersama. Sebagai tuan rumah PPMS diwakili oleh kepala kepengasuhan santriwan, Ustd. Zumardi menyampaikan sembutan dan ucapan selamat datang di kampus 3 Pondok Pesantren Muqimus Sunnah. Beliau berpesan yakni pertandingan ini merupakan ajang silaturahim sesuai dengan judulnya yaitu Friendly Match, Pertandingan Persahabatan. Lengkapnya dalam bahasa Arab ” المباراة الودية “.


Intinya apabila terjadi sesuatu di lapangan, maka anggaplah itu hal yang biasa terjadi, tinggal kita yang menyikapi dengan tenang tanpa emosi. Karena dengan inilah tujuan dari olahraga kita akan berhasil, sehingga pada akhirnya kita para santri ini akan mencontohkan pada dunia olahraga bahwa kita mampu menjunjung sportivitas dalam dunia olahraga. Selanjutnya Ustd Zumar menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyambutan dan selama pertandingan berlangsung terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.


Selamat bertanding para santri JQ dan PPMS.


Kemudian, pada kesempatan ini ustd Ahmad Fuad yang mewakili dari Asatidz dan Santri pondok pesantren Jamiatul Qurro’ menyampaikan ucapan Terima kasih atas penyambutan dan fasilitas yang diberikan, semoga akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan tangkai olahraga yang berbeda lagi. Ustd Ahmad Fuad juga menyampaikan tujuan lain dari pertemuan ini ialah mengambil pelajaran yang berharga dengan mencontoh perkembangan yang telah ada di dalam Pondok Pesantren Muqimus Sunnah, agar nantinya Pondok Pesantren yang berada di kota palembang khusunya akan berkembang maju dan bersaing di kancah internasional.


Tak lupa juga Ustd Ahmad Fuad menyampaikan permohonan maaf jikalau kedatangan santri JQ menggangu aktifitas belajar mengajar yang ada di PPMS. Namun, tujuan awalnya pertemuan ini adalah menjalin hubungan baik antara Pondok Pesantren Jamiatul Qurro’ dengan Pondok Pesantren Muqimus Sunnah tutupnya.


Selanjutnya acara pembukaan ditutup dengan pembacaan Do’a oleh Ustd Yusi Andri. Acara dilanjutkan foto bersama dan persiapan pertandingan futsal antar angkatan kelas.
Pertandingan futsal dimulai dengan tim kelas 7, kelas 8, asatidz, kelas 11, kelas 9 dan ditutup oleh kelas 10.


Sementara hasil akhir pertandingan futsal dimenangkan oleh Tim Futsal Pondok Pesantren Jamiatul Qurro’ dengan 4 kali kemenangan, 1 kali hasil seri dan 1 kali kekalahan. Turut hadir juga Pimpinan Pondok Pesantren Jamiatul Qurro’ yaitu Ustd. Hendro Karnadi yang dari awal menyaksikan pertandingan persahabatan ini. Ini adalah ajang permulaan bagi Pondok Pesantren untuk melahirkan atlit-atlit handal di masa yang akan datang. (Akh)

Bagikan Berita ini di Medsos-mu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Satuan Pendidikan Mu'adalah

Satuan Pendidikan Mu’adalah adalah program pendidikan resmi yang berada dibawah Direktorat Pendidikan Diniyyah dan Pesantren Kementrian Agama RI setelah terbitnya Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 18 Tahun 2014 disamakan dengan pendidikan Madrasah Tsanawiyyah dan ‘Aliyah yang berada di bawah Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama. Jadi, lulusan Satuan Pendidikan Mu’adalah akan mendapatkan ijazah yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Dalam program Satuan Pendidikan Mu’adalah ini pesantren diberikan kewenangan dan keleluasaan dalam mengatur kurikulum dan sistem pendidikan, serta tidak diikutkan Ujian-ujian kenegaraan. Pesantren dapat secara mandiri merancang pengembangan kompetensi santrinya dengan tetap mendapat ijazah yang diakui oleh negara.